Wow! Sri Mulyani Indrawati Raih Penghargaan Menteri Keuangan Terbaik di Dunia

Sri Mulyani Indrawati selalu menarik perhatian publik dengan berbagai kebijakan terkait keuangan dan ekonomi. Kebijakannya seringkali mengundang pro dan kontra publik terkait keuangan dan ekonomi Indonesia. Sri Mulyani mengawali karier sebagai menteri keuangan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lalu menjadi Direktur Pelaksana wanita  pertama di Bank Dunia pada tahun 2010.

Mengawali awal tahun 2019, wanita lulusan Universitas Indonesia ini kembali menjadi pemberitaan. Berkat kiprahnya selama menjadi menteri keuangan, Sri Mulyani mendapatkan penghargaan sebagai Finance Minister of The Year 2019 Global and Asia Pacific dari majalah keuangan The Banker milik Financial Times. Selain penghargaan ini, Sri Mulyani pernah menerima berbagai apresiasi sepanjang kariernya di dunia keuangan.

Sri Mulyani Indrawati mendapat predikat menteri keuangan terbaik dunia berkali-kali

via: instagram.com/smindrawati

Penghargaan yang Sri Mulyani terima sebagai menteri keuangan terbaik bukanlah kali pertama. Namanya menjadi langganan peraih penghargaan ini dari berbagai lembaga keuangan seperti Emerging Market Forum dan Euro Money di tahun 2006. Penghargaan serupa ia terima kembali dalam World Goverment Summit 2018 di Uni Emirat Arab. Khusus penghargaan dari The Banker, majalah yang berpusat di London ini merujuk pada ketahanan ekonomi Indonesia di tengah berbagai bencana alam dan kebijakan perpajakan. Infrastruktur yang mengalami kerusakan akan dibantu melalui strategi pembiayaan risiko dan asuransi untuk mempercepat pemulihan pascabencana. Di bidang pajak, layanan ekspor dikenakan tarif pajak pertambahan nilai nol persen. Pajak bagi pelaku usaha kecil dan menengah dikurangi, penambahan lokasi pembayaran pajak, serta penyederhanaan proses pembayaran pajak.

Sri Mulyani Indrawati masuk jajaran orang berpengaruh di dunia

via: instagram.com/smindrawati

Menduduki berbagai posisi penting serta kontribusinya di bidang keuangan tak pelak membuat namanya tercatat dalam daftar orang paling berpengaruh. Majalah Forbes menempatkan Sri Mulyani di peringkat ke-78 dalam daftar 100 wanita berpengaruh di dunia, berbarengan dengan petenis Serena Williams. Nama perempuan asal Lampung ini tercatat ada di media massa sebanyak 40.326 kali versi lembaga riset Indonesia Indicators. Bersama Presiden Joko Widodo, Sri Mulyani masuk dalam daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia versi The Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC). Selain itu, Sri Mulyani juga tercatat dalam daftar The 22 Most Powerful Female Political and Policy Leaders 2018 dan berada di posisi ke-19.

Sri Mulyani Indrawati menduduki berbagai posisi penting 

via: instagram.com/smindrawati

Dengan banyaknya prestasi dan penghargaan yang diterima, itu semua tidak diperoleh Sri Mulyani dalam sekejap. Di dalam negeri, Sri Mulyani dua kali menjabat sebagai menteri keuangan di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2005 hingga 2010 dan di era presiden Joko Widodo di tahun 2016. Sri Mulyani juga menjadi satu-satunya wanita yang menduduki posisi menteri keuangan dan tanpa background politik apapun. Ia pun pernah merasakan bangku kepala Bappenas dan pelaksana menteri koordinator bidang perekonomian. Selain dalam negeri, kariernya di luar negeri tidak kalah prestisius. Menteri berambut pendek ini terpilih menjadi Executive Director IMF pada tahun 2002 mewakili 12 negara asia tenggara. Tahun 2010, ia memutuskan untuk mundur dari menteri keuangan dan memilih menjadi direktur pelaksana di Bank Dunia. Di Bank Dunia, ia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender serta satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di lembaga keuangan besar tersebut.

Prestasi dan jabatan yang diemban Sri Mulyani bukan saja amanah semata. Ada integritas, kerja keras, dedikasi, dan keberanian dalam memberikan kontribusi terbaik yang bisa dirasakan banyak orang. Apa yang sudah diraih Sri Mulyani bisa kita jadikan inspirasi untuk terus mengejar mimpi dan mendedikasikan diri pada apapun yang kita cintai.

Source: cnbcindonesia.com, okezone.com, themuslim500.com, kompas.com, liputan6.com, wikipedia.com

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons