Berencana Bikin Resolusi Tahun 2019? Simak Tips Berikut Sebelum Membuatnya

Resolusi tahun 2019—Gak terasa tahun 2018 tinggal beberapa hari dan 2019 akan segera menyapa. Ada banyak hal yang pasti udah kita lalui sepanjang tahun ini dan sedikit banyak mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Harapan dan cita-cita baru sudah terpikirkan di kepala serta diwujudkan di tahun yang baru.

Membuat resolusi di setiap tahun baru memang bukan sesuatu yang wajib. Namun, adanya resolusi bisa menjadi acuan target apa yang ingin dicapai dan kita bisa memfokuskan diri lebih optimal. Sebelum membuatnya, simak tips dari Yourbanize yang bisa membantu kamu menentukan target hidup dan menjalaninya di tahun 2019 nanti. Check this out!

Resolusi tahun 2019 #1: Jangan Mengulangi Kesalahan yang Sama

Via: dramabeans.com

Berbuat kesalahan di masa lalu adalah sesuatu yang wajar dan menyadari apa yang telah diperbuat serta dampaknya. Evaluasi apa yang telah kita perbuat setahun ke belakang agar tidak terjadi di tahun yang baru. Jika perlu, tuliskan hal apa saja yang harusnya dilakukan jika kembali dihadapkan dengan kondisi serupa. Meski kita tidak bisa memprediksi kapan dan seperti apa masa depan terjadi, setidaknya persiapan lebih dini dapat membuat kita lebih waspada dan hati-hati dalam bertindak.

Resolusi tahun 2019 #2: Ubah Sifat Buruk

Via: sojuwave.com

Gak selamanya manusia memiliki emosi yang selalu stabil setiap saat. Ada saat-saat tertentu kita gak bisa mengendalikan diri sendiri dan berujung dengan emosi negatif muncul. Kadang kita melakukan suatu kesalahan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, entah karena keadaan atau sifat yang kita yakini. Merasa sifat yang sudah ada di dalam diri dan terus menerus memberikan kerugian, berarti sudah waktunya untuk evaluasi dan meninggalkannya. Mungkin sebelumnya kita adalah orang yang mudah marah, tidak mau mendengarkan pendapat orang lain, dan sebagainya. Dampaknya pun bisa terasa secara langsung ataupun tidak langsung. Sudah bukan saatnya untuk menonjolkan sifat tersebut demi tercapainya tujuan kita. Perlahan tapi pasti, kita sepatutnya mengubah dan mengurangi sifat-sifat yang selama ini kurang baik. Banyak-banyak belajar bagaimana mengendalikan emosi dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meski tidak mudah, hasilnya akan berdampak baik pada diri sendiri.

Resolusi tahun 2019 #3: Tentukan Target yang Realistis dan Spesifik

Via: dramabeans.com

Ingin naik jabatan dari posisi saat ini? Ingin mengubah status dari jomblo jadi punya pasangan? Ingin naik gaji 10 kali lipat? Ingin jadi crazy rich Indonesian 2019? Ingin menjadi orang yang lebih baik? Boleh kok, gak ada yang melarang untuk memiliki mimpi. Bermimpi boleh, namun yang perlu diingat adalah apakah semuanya cukup memungkinkan untuk dicapai? Pastikan kamu mengukur kemampuan pribadi serta bagaimana jalan mewujudkannya. Tentukan resolusi yang ingin diwujudkan secara spesifik dan mendetail agar tetap fokus dan lebih mudah menentukan rencana ke depannya. Jika perlu tuliskan juga cara apa saja yang akan dilakukan. Resolusi yang terlalu “luas” terkadang bisa menyulitkan karena terlalu banyak yang harus dikerjakan dan berujung dengan wacana semata.

Resolusi tahun 2019 #4: Self reward

Via: asiaone.com

Sibuk mengejar cita-cita tidak jarang bikin kita merasa lelah dan butuh istirahat. Gak ada salahnya untuk menyelipkan “penghargaan” bagi diri sendiri sebagai apresiasi atas kerja keras selama ini. Berhenti sejenak dari segala perjuangan bukan berarti menyerah, tapi memberikan diri sendiri waktu untuk merefresh pikiran dan hati, serta memikirkan rencana ke depan tanpa banyak beban.

Resolusi tahun 2019 #5: Menyesuaikan Ritme Hidup

Via: dramabeans.com

Hidup itu unik. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, selalu penuh kejutan tak terduga. Kita mungkin tidak akan menyangka dan menyangkal kondisi tersebut, bahkan bisa mempengaruhi rencana yang sudah dibuat. Cara termudah untuk beradaptasi dengan keadaan adalah fleksibilitas. Tidak semua hal berjalan sesuai apa yang kita mau. Pelajari kondisi yang ada—dan kamu ada di dalamnya—lalu cari jalan tengah yang sekiranya masih bisa memungkinkan untuk dijalankan. Pasti akan ada saat semuanya terasa memusingkan, anggap saja ini bagian dari perjalanan hidup dan menunjukkan jalan ke “zona yang lebih nyaman” dari yang dibayangkan.

Resolusi tahun 2019 #6: Buat Skala Prioritas

Via: soompi.com

Memiliki sesuatu untuk diperjuangkan adalah anugerah. Sebanyak apapun mimpi yang ingin dikejar, ada baiknya menentukan mana yang harus didahulukan dan yang bisa dilakukan nanti. Tentukan apa yang menjadi core priority dalam satu tahun kedepan. Time will go on, sebaiknya kita menentukan hal apa saja yang paling memungkinkan untuk diwujudkan dan fokus pada tujuan yang telah ditentukan.

Resolusi tahun 2019 #7: Libatkan Sang Pencipta dalam Kehidupan

Via: my.castko.com

Sematang-matangnya manusia berencana, tetap Tuhan yang akan memutuskan hasil akhirnya. Setelah berusaha keras, berdoa dan serahkan hasil akhirnya pada Tuhan. Usaha dan doa harus seimbang. Kalau hanya salah satu saja, tidak akan berarti semua resolusi yang sudah dituliskan. Tuhan sudah menyiapkan yang terbaik, siapkan hati dan mental apapun hasilnya.

Sudah tahu mau buat resolusi apa di tahun 2019? Apa sih, yang paling kamu pengen lakukan di tahun 2019? Yuk, share cerita kamu sama kita.

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons