Keren! Intip Uniknya Fotografi Suku Suku di Dunia Ini

Fotografi suku – Melihat perkembangan zaman yang semakin modern dan berkembang dengan pesat ini, membuat kita lupa bahwa ternyata masih ada lho suku-suku terpendam yang memegang teguh keunikan dan ciri khas mereka. Di Indonesia sendiri masih terdapat suku yang berpegang teguh dengan nilai adat dan jauh dari teknologi, seperti suku Baduy Dalam.

Nah tak hanya di Indonesia saja, suku-suku di seluruh dunia pun masih ada lho yang berpakaian sesuai dengan tradisi dan hidup berkelompok di pedalaman. Potret suku-suku di dunia ini diabadikan oleh seorang fotografer handal bernama Jimmy Nelson. Penasaran seperti apa sih tampilan suku-suku di dunia yang masih bertahan dengan ciri khasnya? Yuk simak!

 

Fotografi Suku Ganges, Haridwar, India

Via: www.jimmynelson.com

India memang erat dengan kepercayaannya terhadap dewa dan dewi. Salah satu suku terpencil di daerah Haridwar adalah Suku Ganges. Suku Ganges masih berpakaian layaknya para dewa-dewa di India. Mereka pun masih memakai bunga warna oranye yang dikalungkan di badan serta kepala melambangkan simbol api. Kalung bunga di India sendiri memiliki arti sebagai penghormatan terhadap dewa dan orang yang memakainya.

 

Fotografi Suku Himba, Epupa Falls, Namibia

Via: www.jimmynelson.com

Diambil tahun 2014, suku pribumi Namibia yang menamakan dirinya Suku Himba termasuk suku yang unik lho. Suku Himba bisa dibilang unik karena kaum perempuannya tidak pernah mandi dengan air. Meskipun tidak mandi dengan air, mereka tetap dinobatkan menjadi wanita tercantik di Afrika. Ciri khas pakaian mereka pun terbuat dari kulit kambing yang disulap menjadi rok pendek.

 

Fotografi Huli Wigmen, Ambua Falls, Papua New Guinea

Via: www.jimmynelson.com

Meskipun terlihat menyeramkan, suku Hulu ternyata tinggal dekat dengan Indonesia lho. Suku yang menempati wilayah Papua New Guinea, selalu memakai penutup kepala dan mengecat muka mereka menjadi kuning ketika ada acara khusus atau perkumpulan suku. Tak lupa juga beragam ornamen seperti bulu burung, tulang-tulang, dan kain khas dari Papua.

 

Fotografi Khoyor Tolgoi Hill, Altan Tsogts, County Bayan Ulgii, Mongolia

Via: www.jimmynelson.com

Suku Khoyor Tolgoi di Mongolia tak lepas dari binatang peliharaan mereka yaitu elang. Hidup sebagai nomaden setiap perpindahan musim, membuat suku ini memiliki beragam kepercayaan yang dianut mereka dari hasil perkawinan dengan daerah lainnya. Suku Khoyor Tolgoi pun terkenal dengan pakaian yang berbahan bulu tebal ini.

 

Fotografi Vaioa River, Atuona, Hiva Oa, Marquesas Islands

Via: www.jimmynelson.com

Salah satu suku pedalaman di daerah Marquesas ini tidak terlihat seperti suku yang menyeramkan ya. Penampilan mereka dengan badan yang berotot dan pakaian khas yang unik membuatnya tampil seperti suku modern yang fashionable.

Suku Vaioa ini memang senang sekali dengan daun-daun kering yang dibentuk sedemikian rupa untuk menjadi pakaian dan aksesoris mereka. Kaum lelaki dari suku ini juga sering menggambar tubuh mereka.

 

Fotografi Samburu Tribe, Kenya

Via: www.jimmynelson.com

Masih ingat dengan film Wakanda? Yap, Suku Samburu di Kenya ini hampir mirip dengan pemeran dalam film tersebut. Kaum Samburu memakai pakaian khas kain berwarna merah yang dijadikan rok lilit. Pria dan wanita di Samburu juga kerap memakai perhiasan dan manik-manik.

 

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons