Lagu Coldplay Berikut Punya Fakta Tak Terduga Dalam 20 Tahun Karier Musiknya

November 18, 2018
84 Views

Coldplay, band asal Inggris ini baru saja mengeluarkan karya terbarunya. Bukan berupa lagu, melainkan film dokumenter perjalanan karier mereka selama 20 tahun berjudul “A Head Full of Dreams”. Sebelum berkibar dengan nama Coldplay pada tahun 1998, band yang beranggotakan Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion memiliki dua nama lain, yaitu Pectrolaz (1996-1997) dan Starfish (1997-1998). Chris dan tiga anggota lainnya sudah bermusik bersama sejak tahun 1996.

Perjalanan karier bermusik selama 20 tahun tentu menjadi pencapaian yang diluar ekspektasi. Pasang surut kehidupan sudah dilalui oleh Coldplay demi menghasilkan karya yang menarik dan sukses di pasaran. Hingga kini Coldplay sudah merilis tujuh album sejak tahun 2000. Beberapa lagu dari tiap album banyak yang menjadi hits dan memberi pengaruh besar pada perjalanan karier band ini. Yourbanize sudah merangkum fakta tak terduga beberapa lagu terbaik Coldplay yang punya andil besar membesarkan nama band ini. Mungkin salah satunya ada lagu kesukaan kamu. Check this out!

Coldplay #1: Yellow

Via: pinterest.com

Lagu Yellow masuk dalam song list di album pertama Coldplay “Parachutes”  dan dirilis tahun 2000. Lagunya sendiri berkisah dengan pembuktian cinta kepada orang yang dicintai tanpa mengenal batasan dan melampaui batas diri. “Yellow” atau kuning juga bisa diartikan sebagai ketakutan. Kenapa lagu cinta ini bisa diberi judul “Yellow” bermula dari kebingungan Chris Martin untuk memberikan judul yang tepat. Chris tidak sengaja melihat benda biasa di dekatnya, yaitu Yellow Pages (buku berwarna kuning berisi nomor telpon) dan menarik perhatiannya. Berkat buku tersebut, lagu yang mendapatkan penghargaan “Best Song” dari NME Carling Awards tahun 2001 ini mengudara dan mengangkat pamor Coldplay.

Coldplay #2: Fix You

Via: instagram.com/chrismartinfeed

Lagu ini bisa dibilang salah satu berkat terbesar band ini. Lewat lagu “Fix You”, Coldplay makin menunjukkan taringnya di blantika musik dunia. Chris Martin mengakui bahwa lagu ini adalah salah satu favoritnya. Tidak sedikit orang yang tidak tahu lagu ini, baik fans Coldplay ataupun bukan. Lagu yang ada di album X & Y  dan dirilis tahun 2005 didedikasikan untuk ayah dari istrinya, Gwyneth Paltrow yang kini sudah bercerai. Keyboard yang ia mainkan saat Coldplay membawakan lagu ini pun pemberian sang ayah mertua sebelum meninggal dunia pada tahun 2002. Lagu ini Chris Martin ciptakan atas kesedihan Gwyneth saat ayahnya meninggal dunia. Lagunya sendiri bercerita tentang kehilangan, patah hati, dan tekanan akan kehidupan. Namun hal itu seharusnya tidak mematikan hidup dan berhak untuk bangkit dan memperbaiki diri demi masa depan yang lebih baik. Seperti liriknya : but if you never try you”ll never know, just what you worth.

Coldplay #3: Viva La Vida

Via: instagram.com/
a.head.full.of.chris.martin

Hayooo, siapa yang suka dengan lagu ini? Lagunya penuh dengan hentakan dan musik-musik orkestra brass section. Pada saaat proses pembuatan lagu, Brian Eno yang memproduseri lagu ini mendatangkan ahli hipnosis ke studio. Percaya atau tidak, pengaruh hipnosis mempengaruhi kerja anggota band dalam bermusik, khususnya pada lagu Viva La Vida. Terbukti, Lagu Viva La Vida berhasil menyabet piala Grammy Awards 2008 untuk kategori song of the year dan best pop song by duo or group. Dibalik kabar suksesnya lagu ini, Coldplay diterpa isu plagiarisme dari beberapa pihak berbeda. Coldplay khususnya Chris Martin mengatakan bahwa lagu tersebut murni hasil karya band-nya dan dapat dibuktikan originalitasnya. Berita tersebut pun berlalu begitu saja dan tidak mempengaruhi karier Coldplay.

Coldplay #4: The Scientiest

Via: pinterest.com

Apa yang kamu ingat dari lagu ini? Bisa dibilang ini adalah lagu mengenai patah hati. Chris Martin mendapat inspirasi dari temannya yang baru saja putus dari pacarnya dan kisah cintanya yang sebelumnya berujung sama. Pemilihan judul “The Scientist” sendiri terinspirasi dari sebuah karya penulis Nathaniel Hawthorne berjudul The Birthmark. Karya tersebut bercerita tentang seorang ilmuwan bernama Aylmer yang terobsesi pada tanda lahir di leher istrinya, Georgina. Salah satu karya terbaik Coldplay ini pun masuk dalam jajaran 100 lagu terbaik abad ini versi media massa Rolling Stone.

Coldplay #5: Paradise

Via: planetradio.co.uk

Mau lihat gajah bisa naik sepeda? Coldplay mewujudkannya lewat video klip lagu “Paradise”. Lagu ini merupakan single kedua di album Mylo Xyloto setelah “Every Teardrop is A Waterfall”. Awalnya lagu ini hanya dijadikan sebagai bonus setiap pembelian album di iTunes. Anak perempuan Chris Martin, Apple, menjadi inspirasi sang ayah menulis lagu ini atas pengalaman kekecewaan pada masa kecil. Awalnya album Mylo Xyloto dikhususkan untuk album akustik. Namun lagu ini kurang pas dibawakan dalam bentuk akustik dan tetap diransemen sebagaimana adanya. Pesan yang ingin disampaikan lagu ini sungguh sederhana; untuk sementara menghilang dan hidup dalam fantasi.

Menghasilkan karya yang dapat diterima publik dan menjadi masterpiece tidak didapat secara kebetulan. Ada kerja keras, passion, kerjasama, toleransi, tanggung jawab, dan kreatifitas yang menjadi teman. Semoga karya-karya Coldplay ini juga bisa menjadi teman dan inspirasi kamu untuk meraih apa yang diinginkan serta bermanfaat bagi orang lain. Lagu Coldplay mana yang jadi favoritmu? Share di kolom komentar ya!

Source: songfacts.com, msn.com, nme.com, thenews24.com, rollingstones.com, sparksnotes.com, grammy.com, independent.co.uk

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons