Siap-siap, Asian Para Games 2018 Akan Segera Dimulai. Indonesia Juara!

October 7, 2018
116 Views

Asian Para Games 2018 – Pesta olahraga multievent tingkat Asia yaitu Asian Games 2018 sudah berakhir sejak 2 September 2018 lalu. Banyak orang yang kagum dan bangga atas segala prestasi para atlet serta pelaksanaan acara dari opening hingga closing yang sukses dan jadi perbincangan dunia. Topik mengenai Asian Games tidak berhenti dibicarakan dimana-mana dan sukses bikin susah move on.

Memasuki bulan Oktober, Indonesia punya satu lagi event besar bidang olahraga lainnya. Selain Asian Games, ada satu lagi event olahraga tingkat Asia yang tingkat prestisenya sama tingginya dengan Asian Games yaitu Asian Para Games. Bedanya, Asian Para Games dikhususkan bagi atlet disabilitas. Indonesia khususnya Jakarta mendapatkan amanah untuk menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games sekaligus. Asian Para Games sendiri pertama kali diadakan di tahun 2010 dan Indonesia adalah tuan rumah ke-3 penyelenggara serta berlangsung dari tanggal 6-13 Oktober 2018.

Asian Para Games 2018 Sebagai Wadah Peduli Olahraga untuk Disabilitas

Via: tirto.id

Kesadaran akan disabilitas diharapkan semakin meningkat dengan adanya kompetisi Asian Para Games 2018, khususnya di bidang olahraga. Banyak masyarakat yang kurang mengetahui tentang atlet dan kompetisi olahraga bagi penyandang disabilitas sehingga dukungan publik dirasa tidak cukup. Keinginan para atlet untuk mendapatkan dukungan yang sama dengan atlet normal sangat diharapkan demi membawa harum nama bangsa dan suntikan semangat. Diharapkan masyarakat ramai-ramai mendukung atlet disabilitas atas perjuangan dan prestasi yang ditorehkan.

Asian Para Games 2018 Membawa Misi Mulia dan Kesetaraan

Via: instagram.com/jokowi

Memiliki keterbatasan fisik tentu tidak menjadi keinginan siapapun. Dengan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018, event ini membawa pesan penting menebarkan semangat, energy, dan motivasi pada semua orang. Atlet disabilitas diberikan wadah untuk berprestasi setinggi mungkin dan tidak kalah bersemangat dalam bertanding. Semua cabang olahraga dipersiapkan sematang mungkin sesuai dengan klasifikasi berstandar internasional yang telah ditetapkan. Asian Para Games 2018 menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk membela nama bangsa di tingkat dunia dan dapat berprestasi layaknya orang-orang yang memiliki fisik normal.

Asian Para Games 2018 Diberikan Bonus yang Sama Dengan Asian Games 2018

Via: instagram.com/nahrawi_imam

Sebagai bentuk apresiasi kepada para atlet, pemerintah sudah menyiapkan bonus besar bagi peraih medali. Tidak tanggung-tanggung, uang bonus yang diberikan sama dengan atlet Asian Games, yaitu sebesar 1, 5 milyar untuk peraih medali emas, 500 juta untuk perak, dan 250 juta untuk perunggu. Serta, pengangkatan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sebagai apresiasi lain bagi masa depannya. Ini menunjukkan bahwa Indonesia peduli dengan para atlet disabilitas yang berprestasi dan berhak mendapatkan penghargaan yang sepantasnya.

Asian Para Games 2018 Memiliki Nomor Pertandingan Jauh Lebih Banyak

Via: instagram.com/nandameish

Dengan beragam disabilitas dan kondisi fisik yang dimiliki tiap atlet, setiap cabang olahraga melakukan berbagai penyesuaian terhadap nomor pertandingan. Asian Para Games 2018 akan mempertandingkan 18 cabang olahraga dengan 568 nomor pertandingan. Angka nomor pertandingan jauh lebih banyak dibandingkan dengan Asian Games 2018 yang memainkan 463 nomor dari 40 cabang olahraga. Banyaknya nomor yang dipertandingkan akan memperbesar peluang Indonesia meraih medali. Ditambah dukungan publik, tentu akan makin membakar semangat para atlet untuk berjuang semaksimal mungkin.

Buat kamu yang mengaku pecinta olahraga, harus banget datang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menonton aksi para atlet disabilitas di lapangan. Pertandingan dan drama di lapangan gak kalah seru dan menarik dengan kompetisi olahraga lainnya. Jangan sampai ketinggalan event empat tahunan ini karena kita gak tau kapan lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi tingkat Asia ini. Sebagai bangsa yang baik dan mewujudkan sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, kita dukung atlet-atlet Indonesia untuk berprestasi dan membawa pulang medali sebanyak mungkin.

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons