Opening Ceremony Asian Games 2018 Tuai Banyak Pujian, Ini Dia Best Moment Kemeriahan Sepanjang Acara

August 22, 2018
144 Views

Opening Ceremony Asian Games 2018 menuai banyak pujian. Setelah berselang 56 tahun sejak menjadi tuan rumah di Asian Games ke-4, Indonesia berhasil memukau mata dunia di ajang olahraga bergengsi empat tahunan tingkat Asia. Opening ceremony yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno disajikan dengan begitu megah dengan memasukkan banyak unsur tradisional dan alam Indonesia.

Sejak memantapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 menggantikan Vietnam, Indonesia tidak main-main dalam mempersiapkan diri. Demi menjamu 44 negara dan belasan ribu atlet serta official, Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang selaku tempat bertanding sibuk berbenah diri. Tidak sia-sia, selang empat tahun sejak penetapan tuan rumah, Indonesia siap menggelar pesta olahraga bertaraf internasional ini. Sebagai langkah awal, opening ceremony menjadi pembuktian dan pertaruhan harga diri bangsa. Banyak media dalam dan luar negeri mengapresiasi kerja keras panitia yang dipimpin langsung Wishnutama, bahkan menyebutkan setaraf Olimpiade.

Meski pertandingan sudah bergulir dan opening ceremony sudah lewat, rasanya masih menjadi topik obrolan yang lagi hangat-hangatnya untuk dibahas. Yourbanize sudah merangkum beberapa best moment yang terjadi sekaligus paling memorable. Yuk disimak!

Opening Ceremony Asian Games 2018 #1: Jokowi jadi “pembalap”

Via: instagram.com/jokowi

Sebelum acara dimulai, penonton disuguhkan video perjalanan Jokowi dari Istana Bogor menuju SUGBK. Di tengah perjalanan, Jokowi beserta Paspampres terjebak macet dan tidak memungkinkan untuk membelah keramaian. Akhirnya, Jokowi keluar mobil dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan salah satu motor penembak jitu. Bukan perjalanan biasa, Jokowi melakukan berbagai freestyle seperti jumping di atas mobil derek hingga mengerem mendadak. Aksinya bak dalam film action dan dimainkan dalam tempo cepat. Di akhir segmen, Jokowi masuk ke SUGBK dengan tetap mengenakan motor hingga masuk ke parkiran.

Opening Ceremony Asian Games 2018 #2:  1500 penari Ratoeh Jaroe

Via: idntimes.com

Tari tradisional khas Aceh, Ratoeh Jaroe, menjadi persembahan selanjutnya. Yang istimewa, Ratoeh Jaroe dibawakan oleh 1500 penari yang merupakan gabungan siswa SMA negeri di sekitar Jakarta. Mereka membentuk berbagai konfigurasi dan terlihat begitu indah dari atas. Tak hanya itu, para penari mengenakan kostum tari dengan berbagai warna dan “berganti” dalam waktu sekejap untuk membentuk konfigurasi yang telah ditentukan. Tarian pun ditutup dengan konfigurasi bendera merah putih dan kembang api di atas SUGBK.

Opening Ceremony Asian Games 2018 #3: Medley lagu dan tari tradisional

VIa: genpi.com

Dari atas panggung berbentuk gunung, penonton disuguhkan berbagai tarian tradisional dari berbagai penjuru Nusantara seperti Lenong Betawi, Sisingaan, Gending Sriwijaya, Zapi, dan sebagainya. Di bawah arahan koreografer ternama Eko Supriyanto, total ada 19 tarian dibawakan. Tarian dibawakan secara kolosal dan dilengkapi dengan nada merdu dari berbagai penyanyi Indonesia seperti Rossa, Wizzy, Edo Kondologit, Kamasean, Putri Ayu, Raisa, Fatin, dan GAC yang membawakan berbagai lagu daerah di Indonesia. Tarian-tarian tersebut dibagi dalam beberapa segmen, yaitu earthwindfire, dan water. Tak ketinggalan, Anggun C. Sasmi melengkapi goosebump moment di arena lewat lagu “Pemuda”. Electronic dance dengan nuansa futuristik sukses membawa penonton “ajeb-ajeb” di SUGBK. Selain Via Vallen yang menyanyikan salah satu lagu tema Asian Games di awal acara, lagu tema lain berjudul “Bright as the Sun” dibawakan oleh Ariel “NOAH”, Sheryl Sheinafia, Cakra Khan, dan Ryan “D’Masiv” di penghujung acara.

Opening Ceremony Asian Games 2018 #4: Panggung Megah nan Alami

Via: asiangames2018.id

Sebagai acara bertaraf internasional,  Wishnutama tidak ingin acara yang diketuainya terkesan biasa saja. Terciptalah panggung pertunjukan yang tidak biasa dengan berbentuk gunung dan air terjun. Panggung sengaja dibuat demikian karena secara teknis bagian atap SUGBK tidak memungkinkan dibebani perlengkapan acara yang terlalu berat. Maka, panggunglah yang dibuat lebih tinggi. Tata panggung dibuat sealami mungkin lengkap dengan pohon dan rumpur. Begitu pula dengan air terjun yang ikut “mengalir”. Panggung tersebut berukuran 130 meter dengan tinggi 27 meter, sedangkan air terjun memiliki tinggi 17 meter dari tanah dengan lebar 12 meter. Untuk airnya sendiri berbobot total 60 ton. Panggung pun makin terasa hidup dengan permainan efek pada lantai panggung seolah-olah terasa seperti ada gunung atau perairan nyata.

Opening Ceremony Asian Games 2018 #5: Goyang Dayung Jokowi

Via: youtube.com/indosiar

Via Vallen mengisi salah satu lagu tema Asian Games berjudul Meraih Bintang. Usai parade atlet, Via hadir dan mengajak para atlet serta penonton bernyanyi bersama. Usut punya usut, Jokowi tertangkap kamera ikut bergoyang dari bangku VIP dan berjoget gaya mendayung. Joget ini pun menjadi viral hingga jadi bahan ledekan Kaesang Pangarep di twitter.

Opening Ceremony Asian Games 2018 #6: Estafet Obor oleh Para Atlet Senior

Via: asiangames2018.id

Salah satu highlight dari Asian Games 2018 adalah pawai obor (torch relay). Mengawali perjalanan dari New Delhi, India, api abadi tersebut telah berkeliling 54 kota dan kabupaten di 18 kota di Indonesia sejak tanggal 17 Juli 2018. Uniknya, pawai obor ini tidak hanya dilakukan di daratan. Api obor juga dibawa dengan cara berselancar saat berada di Bali dan menyelam di Raja Ampat. Perjalanan api abadi dari pawai obor berakhir pada Opening Ceremony di SUGBK tanggal 18 Agustus 2018 malam. Beberapa atlet senior ikut membawa obor, salah dua diantaranya yaitu Lany Gumulya dan Yustedjo Tarik. Pembawa obor terakhir diserahkan pada Susi Susanti sang legenda bulutangkis putri dan Susi pun “mengobarkan” gunung yang berada di atas panggung utama.

Itu dia beberapa best moments selama opening ceremony Asian Games ke-18. Semoga makin menambah semangat para atlet untuk bertanding secara sportif dan mengharumkan nama negara masing-masing yang diemban. Salam olahraga!

 

Source: cnnindonesia.com, metro.tempo.co, liputan6.com, netmediatama, tribunnews.com

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons