Timnas Sepakbola Indonesia U-16 Juara Piala AFF 2018, Kado Manis Jelang Hari Kemerdekaan

August 12, 2018
140 Views

Timnas sepakbola Indonesia U-16 baru saja membuat masyarakat berbangga hati. Pada tanggal 11 Agustus 2018, tepat di negara sendiri, Timnas U-16 berhasil meraih juara atas piala AFF yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur. Hebatnya, mereka berhasil mengalahkan timnas Thailand yang selama ini dikenal cukup kuat dalam olahraga sepakbolanya di Asia Tenggara dan tiga kali juara.

Keberhasilan timnas U-16 membawa pulang piala AFF ini menjadi angin segar bagi dunia sepakbola Indonesia yang prestasinya seringkali on-off. Final Piala AFF 2018 ini adalah kali kelima Indonesia masuk ke babak final dan belum pernah meraih gelar juara. Di bawah bimbingan pelatih Fakhri Husaini, Indonesia yang sempat tidak bisa ikut pertandingan internasional karena sanksi FIFA dapat mempersembahkan prestasi terbaik di ajang sepakbola bergengsi di Asia Tenggara ini.

Timnas sepakbola Indonesia U-16 menang lewat adu penalti

Via: instagram.com/pssi_fai

Berhadapan dengan jawara terbanyak memang bukan perkara mudah. Begitu pula yang dihadapi para Garuda Muda saat berhadapan dengan Thailand. Beragam strategi dikeluarkan hingga menarik beberapa pemain ke bangku cadangan, kedua tim harus puas dengan skor imbang 1-1 selama durasi regular pertandingan. Pertandingan dilanjutkan dengan babak adu penalti dan Ernando Ari selaku kiper mampu menjalankan tugas beratnya serta membawa Indonesia menjadi juara.

Timnas sepakbola Indonesia U-16 dan suporter yang setia mendukung

Via: twitter.com/affpresse

Kalau kamu pecinta olahraga, pasti udah gak asing dengan ramai dan riuhnya suporter Indonesia. Gak jarang suporter Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari berbagai media dalam dan luar negeri. Selain bulutangkis, sepakbola adalah olahraga dengan masa suporter berjumlah banyak. Kehadiran suporter tidak hanya menjadi penyemangat para atlet yang bertanding, tapi juga mimpi buruk bagi tim lawan. Jika atlet tidak tahan dengan tekanan dari suporter, bukan tidak mungkin akan menghilangkan fokus mereka. Hal tersebut yang dirasakan timnas Thailand dan disampaikan oleh pelatihnya. Ramainya suporter Indonesia sempat membuat timnas Thailand down dan panik. Meski begitu, pelatih Thailand memuji suporter Indonesia yang ramah dan tetap hormat kepada tim lawan.

Timnas sepakbola Indonesia U-16 dapat banyak ucapan selamat

Via: twitter.com/jokowi

Kemenangan timnas U-16 tersiar luas ke seluruh penjuru negeri. Tidak sedikit ucapan selamat diberikan kepada Bagus Kahfi dkk. atas penampilan dan prestasi yang diraih sebagai hadiah  jelang hari kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya netizen, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat atas kesuksesan timnas U-16. Tak ketinggalan, Presiden Joko Widodo pun turut mengucapkan selamat melalui akun twitternya. Tweet Presiden Joko Widodo ini sudah mendapatkan lebih dari 10 ribu kali retweet dan 20 ribu lebih likes.

Timnas sepakbola Indonesia U-16 segera dihadapkan dengan pertandingan lain

Via: instagram.com/pssi_fai

Garuda Muda diminta tidak puas diri atas pencapaian di piala AFF 2018 ini. Usai pertandingan, timnas U-16 harus segera mempersiapkan diri berlaga di Piala Asia atau Piala AFC 2018 pada akhir September nanti di Malaysia. Yang spesial dari Piala AFC, empat tim terbaik berhak tampil di Piala Dunia U-17 di Peru tahun 2019 nanti. Tentu kesempatan tersebut tidak boleh disia-siakan Indonesia, terlebih bisa menjadi langkah awal sebelum berlaga di Olimpiade.

Selamat atas kemenangan Timnas Sepakbola Indonesia U-16 pada Piala AFF 2018! Semoga prestasi ini menjadi titik balik kejayaan sepakbola Indonesia dan memotivasi cabang lainnya untuk menorehkan prestasi lebih banyak di tingkat dunia. Kita sebagai warga negara Indonesia wajib mendukung atlet bangsa dalam keadaan apapun. Maju terus olahraga Indonesia!

 

Source: bola.com, detik.com, cnnindonesia.com, kompas.com

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons