Momo Challenge Viral Tapi Tidak Disarankan Untuk Dicoba. Netizen Wajib Waspada!

August 10, 2018
40 Views

Momo challenge lagi jadi buah bibir dimana-mana. Tidak jauh berbeda dengan beberapa challenge yang viral di tahun-tahun sebelumnya, Momo challenge meminta penerima tantangan untuk melakukan suatu rangkaian tugas sampai selesai. Challenge yang lagi viral ini banyak beredar melalui aplikasi chatting WhatsApp. Penerima tantangan akan mendapatkan tugas yang harus dilakukan melalui pesan WhatsApp.

Challenge ini memang belum terlalu lama hadir. Bukan karena keunikannya yang membuat Momo challenge jadi banyak dibicarakan, bahkan bisa dikatakan berbahaya. Kehadiran challenge ini membawa kekhawatiran di kalangan netizen karena sudah banyak memakan korban hingga meninggal dunia. Target penerima tantangan kebanyakan ditujukan pada anak-anak dimana mereka masih mudah goyah secara emosional dan psikologis.

Momo Challenge menyuruh melakukan tugas berbahaya

Via: bangka.tribunnews.com

Melalui pesan via WhatsApp, penerima tantangan Momo challenge ini akan dikirimkan tugas-tugas tertentu dan wajib dilakukan. Penerima tantangan diminta untuk menyimpan sebuah nomor tidak dikenal dengan nama “Momo”. Selanjutnya, Momo akan meneror penerima tantangan dengan berbagai gambar-gambar mengerikan hingga penerima merasa ketakutan dan cemas. Melalui Whatsapp juga, Momo akan mengirmkan tugas yang menjadi bagian tantangan ini dan wajib dilakukan. Ikon Momo ini digambarkan berupa patung wajah wanita dengan lubang hidung besar, mata bulat yang hampir keluar, senyum lebar melebihi manusia normal, dan rambut hitam lurus yang tipis.

Momo Challenge viral akibat kasus bunuh diri

Via: timesofindia.indiatimes.com

Baru-baru ini seorang gadis dari Argentina berusia 12 tahun gantung diri di pohon di halaman belakang rumah keluarganya. Kepolisian setempat masih mencari tahu penyebab gadis ini bunuh diri, apakah dia ada di bawah pengaruh seseorang untuk melakukannya. Hal ini pun dikaitkan dengan kemungkinan korban terlibat Momo challenge sebagai penerima tantangan. Momo challenge sendiri sudah diketahui ada di Amerika Serikat, Meksiko, Argentina, Perancis, dan Jerman. Sedangkan nomor WhatsApp Momo menggunakan nowor wilayah Jepang, Kolombia, dan Meksiko.

Momo Challenge dianggap membawa teror

Via: dailymail.co.uk

Tekanan dan teror yang timbul dari Momo challenge ini dianggap membawa dampak buruk. Bagi penerima tantangan, jika mereka menolak melakukan tugas dari Momo, teror akan terus dilancarkan sampai ia merasa ketakutan dan menyerah. Tidak menutup kemungkinan tekanan yang diterima dapat berujung hal-hal fatal, seperti depresi, cemas berlebihan, hingga bunuh diri. Hingga saat ini, tidak diketahui siapa yang berperan menjadi “Momo” dan tujuan challenge ini meskipun ada indikasi pencurian data pribadi.

Momo Challenge wajib diwaspadai keberadaannya

Via: techfoe.com

Melihat kemungkinan dampak buruk yang bisa timbul dari challenge ini, sudah banyak negara yang menginformasikan kepada masyarakatnya untuk waspada dan tidak ikut-ikutan. Tidak hanya di luar negeri, Indonesia melalui Komisi Perlindungan Anak Indonesia sudah mengeluarkan pernyataan terkait Momo challenge. Para pengguna smartphone pun diminta untuk tidak menyimpan atau menelpon balik nomor tidak dikenal demi terhindar dari Momo challenge. Harap berhati-hati ya, guys. Jangan sekedar ikutan tren tapi malah mencelakakan diri sendiri.

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons