Aplikasi Tik Tok Resmi Diblokir di Indonesia. Kenapa Bisa Ya?

July 4, 2018
111 Views

Aplikasi Tik Tok resmi diblokir di Indonesia. Aplikasi berbasis video musik baru-baru ini menjadi booming di kalangan generasi millenial. Tik Tok pun sempat membuat gempar netizen dengan adanya seorang anak laki-laki bernama Prabowo yang tenar dengan nama “Bowo Alpenliebe”. Prabowo seketika menjadi artis sejak videonya di aplikasi Tik Tok menjadi viral.

Aplikasi Tik Tok yang berasal dari Tiongkok sudah ada sejak tahun 2016 dan bisa didapatkan dengan mengunduh di Apps Store atau Google Store. Penggunanya dapat merekam video apapun selama 60 detik dan memilih lagu tertentu sebagai backsound di aplikasi Tik Tok. Di Indonesia sendiri, aplikasi ini sedang booming di kalangan masyarakat dengan jumlah pengguna sebanyak 10 juta pengguna aktif. Sayangnya, pihak Kementerian Informasi dan Informatika (Kominfo) harus memblokir aplikasi ini sejak 3 Juli 2018 dengan berbagai pertimbangan.

Aplikasi Tik Tok diduga mengandung konten asusila

Via: instagram.com/tiktok_sea

Salah satu alasan pemblokiran Tik Tok adalah adanya dugaan konten asusila dan tidak baik lainnya. Hal tersebut yang merisaukan masyarakat. Dikhawatirkan jika dibiarkan akan mempengaruhi psikologis para remaja yang mejadi mayoritas penggunanya demi bisa eksis dan mendapat perhatian.

Aplikasi Tik Tok dibuatkan petisi agar segera ditutup

Via: play.google.com

Karena penggunaan Tik Tok sudah meresahkan dan lebih banyak membawa hal negatif, salah satu netizen pun membuat petisi meminta pemerintah untuk menutup aplikasi ini. Meski dinilai bagus untuk wadah kreativitas dan tempat berekspresi, penggunanya banyak yang berasal dari kalangan anak-anak dan remaja yang dikhawatirkan belum bisa memfilter mana yang baik dan buruk serta kandungan konten yang beragam dan tidak sesuai usia.

Aplikasi Tik Tok ditutup, begini sikap para petingginya

Via: tiwtter.com/kemkominfo

Mengetahui produk perusahaannya ditutup, para petinggi Tik Tok yang berada di Tiongkok datang ke Jakarta untuk bertemu pemerintah Indonesia dan membahas soal pemblokiran Tik Tok. Dalam pertemua tersebut, Kominfo meminta Tik Tok untuk membersihkan konten negatif dan filtering. Jika hal tersebut dilakukan pihak Tik Tok, bukan tidak mungkin pemerintah akan membuka blokirnya untuk Tik Tok.

Aplikasi Tik Tok tidak bisa diakses

Sejak diblokir, aplikasi ini tidak lagi bisa digunakan. Semua menu button yang ada diaplikasi tidak bisa digunakan walaupun jaringan internet stabil. Aplikasinya sendiri masih bisa didownload tetapi tidak bisa digunakan seperti sebelumnya.

Dengan adanya kejadian ini, kita sebagai pengguna smartphone harus lebih bijak dalam menggunakan setiap layanan internet dan menentukan konten mana yang baik dan buruk. Terlebih jika kita memiliki anak, keponakan, atau saudara yang belum bisa menentukan pilihannya, kita sebagai orang dewasa sebisa mungkin memberi tahu kepada mereka agar tidak jadi masalah ke depannya.

 

Source: detik.com, reuters.com, liputan6.com

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons