Aksi Walk Out Ananda Sukarlan Saat Anies Baswedan Pidato

November 16, 2017
147 Views

Setelah berita pernikahan Kahiyang-Bobby berlalu, kini dunia media ramai memberitakan aksi walk out Ananda Sukarlan saat Anies Baswedan memberikan pidato pada acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius. Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu, 11 November 2017 lalu di Hall D JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pada acara itu, Kanisius hendak memberikan penghargaan bagi lima alumni dari berbagai generasi yang dianggap telah berprestasi dan memberikan sumbangsih besar bagi bangsa Indonesia.  Kelima alumni tersebut adalah Derianto Kusuma (pendiri Traveloka), Romo Magnis Suseno (tokoh Jesuit), Irwan Ismaun Soenggono (tokoh pembina Pramuka), Dr. Boenjamin Setiawan (pendiri Kalbe Farma), dan Ananda Sukarlan (pianis dan komposer). Selain kelima orang tersebut, hadir pula gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

via: infomenia.net

Aksi walk out Ananda dilakukan ketika Anies Baswedan mulai memberikan pidato di atas panggung.  Di tengah-tengah pidato Anies, pianis kelahiran 10 Juni 1968 itu berdiri meninggalkan bangku VIPnya dan keluar dari ruangan. Aksi walk out ini pun kemudian diikuti oleh beberapa alumni Kanisius lainnya. Mereka terlihat kembali ke dalam ruangan sesaat setelah Anies selesai berpidato.

Tidak berhenti pada aksi walk out, Ananda juga memberikan kritik kepada panitia dalam pidatonya. Sebagai salah satu penerima penghargaan, Ananda mendapat kesempatan untuk berpidato di atas panggung. Dalam pidatonya tersebut, Ananda mengkritik panitia acara yang menurutnya telah mengundang orang yang tidak sesuai dengan nilai-nilai serta integritas yang diajarkan di Kanisisus. Meski Ananda tidak menyebut siapa nama orang yang dimaksud, tapi para hadirin telah menyimpulkan bahwa orang tersebut tak lain adalah Anies Baswedan. Sikap Ananda Sukarlan ini pun dengan cepat tersebar di media sosial dan menuai banyak komentar.

Tanggapan Anies Baswedan atas aksi walk out Ananda Sukarlan

Sesaat setelah berita walk out Ananda menyebar, Anies Baswedan pun memberikan tanggapan. Menurutnya, pada saat itu ia tidak tahu kalau ada yang melakukan walk out saat dirinya memberikan pidato. Hal ini diamini pula oleh Ananda. Menurut Ananda, kondisi ruangan saat itu sangat gelap, sehingga sulit untuk orang di atas panggung dapat melihat ke bangku penonton dengan jelas. Lebih lanjut, Anies Baswedan menganggap reaksi negatif yang ditujukan kepada dirinya adalah sebagai suatu bonus.

Aksi walk out Ananda Sukarlan tuai komentar

Aksi walk out yang dilakukan Ananda telah mengundang banyak orang memberikan komentarnya. Sebagian ada yang mendukungnya, namun tak sedikit pula yang menyayangkannya. Eros Djarot dan Romo Magnis Suseno adalah termasuk orang yang menyayangkan sikap Ananda. Menurut keduanya, walk out tidak selayaknya dilakukan karena dianggap tidak menghargai orang lain. Berbeda dengan Djarot dan Romo Magnis, Addie MS justru menyatakan rasa salutnya atas sikap yang dilakukan Ananda Sukarlan. Karena kejadian ini, twitter Ananda Sukarlan pun kini ramai dibanjiri komentar oleh para warganet.

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons