Remaja Umur 16 tahun Asal India, Mampu Menciptakan Alat Bantu Dengar dengan Harga Murah

November 10, 2017
70 Views

Mukund Venkatakrishnan, ialah seorang remaja berumur 16 tahun asal India. Saat ini ia telah berhasil menciptakan alat bantu dengar. Siapa sangka, diumur yang masih terbilang cukup muda, ia mampu membuat alat bantu dengar untuk orang-orang yang membutuhkannya. Hal ini ketika ia mengunjungi sang kakek di India ketika dua tahun silam.

Kala itu, melihat sang kakek sedang mengalami gangguan pendengaran dan untuk alat bantu yang digunakan sang kakek terlihat rumit nan harganya relatif mahal. Maka dari hal tersebut, Venkatakrishnan memutar otak untuk mencari cara bagaimana ia mampu membuat suatu inovasi baru untuk membantu sang kakek dari gangguan pendengarannya tersebut.

Venkatakrishnan mengatakan bahwa pendapatan warga India ialah USD616 per tahun. Untuk itu terlihat mustahil jika rata-rata warga india dapat membeli alat bantu dengar, karena harga relatif mahal dan terkadang alat bantu dengar pun sesuatu benda yang tidak terlalu diprioritaskan. Padahal alat bantu dengar sangat membantu untuk setiap orang yang membutuhkan.

Via: www.insiderlouisville.com

Membuat alat bantu dengar ini pun, Venkatakrishnan hanya menghabiskan uang sekitar USD50 untuk dapat membuatnya. Dalam pembuatannya, Venkatakrishnan tidak sembarangan dalam merancang. Ia juga berkonsultasi dengan beberapa ahli, insinyur, audiolog, dokter dan tentunya saat menguji pun langung kepada pasien yang sedang membutuhkan.

Siapa sangka, seorang Venkatakrishnan tidak terlalu mengambil banyak keuntungan dalam soal ini. Karena ia sadar, pembuatan alat bantu dengar ini pun tak lepas dari bantuan orang-orang juga. Serta ia juga sudah memiliki banyak koneksi dan telah bekerjasama dengan beberapa pihak. Ia hanya ingin dapat membantu orang-orang disekitarnya terutama untuk warga India.

Venkatakrishnan pun berharap, semoga dengan terciptanya alat bantu dengar dengan harga yang relatif murah dan berfungsi cukup baik ini, nantinya tidak akan ada lagi warga yang susah untuk membelinya karena relatif mahal. Serta, alat bantu dengar ini pun nantinya juga bisa tersebar dibeberapa negara, tidak di India saja. Bagaimana pun alat bantu dengar pastinya menjadi sebuah kebutuhan seseorang apalagi sangat penting untuk kesehatan.

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons