Kenalan Yuk dengan Julia, Sosok Baru yang Istimewa di Sesame Street

November 10, 2017
126 Views
https://www.youtube.com/watch?v=k4noA60Jtus
Facebook Comments

Masih ingat dengan Big Bird, Monster Cookie, Elmo, Ernie, dan Bert? Yup, mereka adalah beberapa karakter dalam program anak yang terkenal di seluruh dunia Sesame Street. Serial televisi untuk anak dan keluarga ini sudah mulai mengudara di Amerika Serikat sejak tahun 1969. Sejak awal, acara ini memiliki misi untuk menjembatani perbedaan budaya dan pendidikan dengan cara yang menyenangkan dan menghibur, seperti dikutip dari Wikipedia.com.

Sejalan dengan misi tersebut, kini Sesame Street menghadirkan karakter baru yang akan muncul di televisi mulai April 2017. Karakter baru ini bernama Julia, seorang anak perempuan berusia empat tahun yang memiliki rambut pendek berwarna merah. Julia menjadi sosok yang istimewa karena digambarkan memiliki  cara sendiri dalam melakukan suatu hal serta menyandang autism.

Julia sebelumnya sudah muncul dalam buku versi cetak dan digital tahun 2015, namun baru di tahun 2017 akan muncul secara resmi di televisi. Isu autism yang diangkat melalui karakter Julia ini bertujuan untuk memberikan kesadaran masyarakat akan orang-orang penyandang autism dapat hidup berdampingan dan berteman dengan orang-orang normal lainnya. Karakter ini sekaligus menjadi yang pertama memiliki autism, dikutip dari aol.com.

Via: lovethatmax.com

Dalam wawancara dengan nytimes.com, Jeanette Betancourt, salah satu petinggi dari Sesame Workshop yaitu organisasi non-profit yang menaungi Sesame Street, mengungkapkan bahwa kehadiran Julia ingin memberikan pesan bagaimana karakteristik penyandang autism dengan cara positif serta mematahkan beberapa mitos dan konsep yang keliru. Meski awalnya sulit karena setiap penyandang autism memliki karakteristik yang berbeda, namun sang penulis cerita, Christine Ferraro, menghadirkan beberapa karakteristik umum yang sering dijumpai.

Wah, jadi makin gak sabar kenalan dengan Julia yang imut dan istimewa. Lewat Julia, Yourbanize berharap kita akan semakin dengan perbedaan dan keistimewaan yang dimiliki setiap orang, termasuk para penyandang autism. Mereka juga berhak menjalani kehidupan yang sama dan setara dengan  orang lain serta menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Selain itu, kita juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai orang-orang berkebutuhan khusus dan bagaimana cara berinteraksi dengan mereka dengan baik.

Sumber: https://www.nytimes.com/2017/03/20/arts/television/sesame-street-introduces-julia-a-muppet-with-autism.html?_r=0

https://www.aol.com/article/entertainment/2017/03/20/sesame-street-julia-first-character-autism-autistic/21903207/

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons