Bikin Sepatu Canvas Kesayangan Semakin Bersih dengan Cara Berikut

November 10, 2017
295 Views

Bahan canvas umum ditemui sebagai bahan pelengkap kebutuhan manusia, seperti tas, sepatu, dan lain sebagainya. Bahannya yang ringan, punya beragam pilihan warna, dan mudah dibersihkan membuat banyak orang mengkoleksi barang-barang yang dibuat dari bahan canvas, khususnya sepatu. Biasanya kita temui bahan canvas pada jenis sepatu sneakers dan slip-on.

Sepatu dari bahan canvas yang digunakan sepanjang hari membuatnya rentan terhadap kotoran seperti debu, jalanan yang becek dan berlumpur, sinar matahari, dan lainnya.  Perlu perhatian khusus dalam membersihkannya agar tidak merusak sepatu itu sendiri maupun membuat warnanya memudar. Daripada harus repot ke tukang cuci sepatu khusus, yuk coba bersihkan sendiri. Yourbanize akan berbagi cara membersihkannya.

Sebelum mulai mencuci, siapkan peralatan berikut:

  • Sepatu canvas yang mau dicuci
  • Sabun detergen atau sabun cuci piring
  • Sikat gigi bekas
  • Air hangat dan air dingin
  • Handuk tebal

Nah, untuk membersihkannya, bisa ikuti cara ini:

Bersihkan bagian dalam sepatu

Via: fashionities.com

Bagian ini sering terlupakan saat dicuci dan hanya dibasahi sekadarnya dari air bilasan karena terlalu fokus pada penampilan luar. Bagian dalam sepatu tetap harus dibersihkan agar bersih dari kuman yang bisa menimbulkan bau kaki. Jika memungkinkan, lepas sol bagian dalam dan sikat perlahan dengan menggunakan sikat gigi bekas dan sabun.  Jika tidak memungkinkan, tetap sikat bagian dalam dengan perlahan.

Sikat seluruh permukaan luar sepatu

Via: bersihkansepatumu.blogspot.com

Jangan langsung membaluri sepatu dengan sabun atau detergen. Sikat dahulu semua noda yang nampak pada sepatu dan bagian lainnya secara keseluruhan menggunakan sikat gigi bekas. Sikat dengan keras jika ada noda yang sudah berkerak. Sikat dengan gerakan memutar untuk menghindari tercabutnya benang-benang canvas dan bagian lainnya menjadi rusak serta lebih mengangkat noda dengan mudah secara menyeluruh. Jika nodanya tidak berat dapat menggunakan sabun cuci piring, sedangkan detergen untuk noda yang berat.

Jangan tinggalkan bagian sol bawah

Via: www.fuotuoke.edu.ng

Walaupun bagian ini pasti akan kotor lagi saat dipakai, tapi jangan lupa untuk mencucinya agar sepatu lebih bersih secara total. Gunakan detergen supaya lebih kuat mengangkat noda dan sikat menggunakan sikat gigi dengan kuat serta satu arah. Pastikan setiap sela-sela sol disikat hingga bersih.

Rendam sepatu dengan air sabun

Via: hargasepatuonline.com

Campurkan air dingin dengan sabun atau detergen dan rendam sepatu di dalamnya. Diamkan sejenak selama 5-10 menit lalu sikat kembali seperti tahap sebelumnya ke seluruh bagian sepatu.

Bilas sepatu dengan air hangat

Via: pewangilaundry.co.id

Setelah menyikat sepatu hingga bersih, saatnya menghilangkan sisa-sisa sabun yang menempel. Penggunaan air panas dapat mempertahankan warna asli kain canvas dan membuka pori-pori sepatu serta membunuh kuman-kuman yang ada. Sediakan air hangat di ember dan bilas hingga bersih dari noda sabun.

Keringkan secara alami

Via: pewangilaundry.co.id

Menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung lebih disarankan daripada menggunakan mesin pengering karena dapat merusak bentuknya. Pengeringan dengan menjemur dapat membuat sepatu kering sempurna dan lebih mudah bernapas. Khusus bagian dalam sepatu, masukkan handuk tebal untuk menyerap air dan membuat seluruh bagian sepatu kering bersamaan.

Sumber: http://blog.qlapa.com/cara-mencuci-sepatu-kanvas (dengan perubahan sebelumnya)

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons