Jakarta Ulang Tahun, Yuk Intip Perubahannya dari Masa ke Masa

June 30, 2017
181 Views

Jakarta Ulang Tahun. Ibukota Indonesia alias Jakarta baru saja merayakan hari jadinya ke 490. Dengan usia yang sudah cukup panjang untuk sebuah ibukota, tentu ada banyak kisah perjalanan Jakarta hingga menjadi kota dengan segala hiruk pikuknya. Berganti nama dari Sunda Kelapa, Batavia, Jayakarta, hingga Jakarta memberikan sedikit banyak kontribusi untuk kota ini. Seperti apa sih, transformasi Jakarta dari masa ke masa? Yourbanize sudah merangkumnya buat kamu di bawah ini. Check this out!

Jakarta Ulang Tahun: Banyak Sungai

Via: megapolitan.kompas.com

Jakarta dikenal memiliki banyak sungai atau kali dan penampungan air lainnya, seperti Kali Ciliwung, Kali Krukut, Waduk Pluit, dan lain-lain. Dulu, sungai dan danau di Jakarta terkenal penuh dengan sampah dan bantarannya yang penuh dengan bangunan. Tidak heran jika Jakarta akrab dengan banjir. Tapi kini, pemandangan akan sampah yang memenuhi sungai sudah menghilang. Sungai dan danau di Jakarta seolah sudah bertarnsformasi menjadi cermin raksasa yang memantulkan bayangan benda-benda di sekitarnya. Bahkan, salah satu tempat penampungan air yaitu waduk Pluit dijadikan sebagai taman dan arena berkumpul baru oleh para warga.

Jakarta Ulang Tahun: Beragam Transportasi Umum

Transportasi umum di Jakarta sudah ada sejak masih dikuasai Belanda. Di tahun 1869, trem kuda beroperasi di Jakarta lalu dilanjutkan dengan trem listrik di tahun 1899 hingga tahun 1933.

Via: berdikarionline.com

Setelah trem tidak beroperasi lagi, transportasi lain bermunculan di Jakarta, seperti bus besar, bemo, bajaj, mikrolet, dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, satu per satu moda transportasi baru mulai bermunculan, seperti taksi. Tahun 2004, muncul moda transportasi bus yang berbeda dari yang sudah bernama Transjakarta dimana bus ini hanya berhenti di halte-halte tertentu. Hingga kini, Transjakarta sudah memiliki 12 koridor utama dan lebih dari 5 koridor feeder yang melayani rute seputaran Jakarta dan kota penyangga yaitu Bekasi, Tangerang, dan Depok.

Via: news.okezone.com

Tidak hanya itu, pemerintah tengah membangun transportasi berbasis kereta bernama Light Rapid Transit (LRT) yang selama ini hanya sebatas rencana selama puluhan tahun. Ditargetkan pada tahun 2019, LRT sudah bisa digunakan masyarakat untuk aktivitas sehari-hari.

Pengerjaan rel layang LRT Via: wartakota.tribunnews.com

Jakarta Ulang Tahun: Hutan Gedung Pencakar Langit

Sebagai ibukota negara, Jakarta menjadi tonggak utama dari setiap pergerakan di Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, politik, ekonomi, dan lainnya tidak heran betapa tinggi sekali ritme aktifitas masyarakat dan pembangunan di kota ini. Salah satu bentuk pembangunan yang terlihat ialah adanya gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi. Gedung tinggi pertama yang ada di Indonesia hadir di Jakarta bernama Gedung Sarinah yang memiliki tinggi 74 meter. Hingga kini, Jakarta sudah memiliki lebih dari 500 gedung pencakar langit dan menjadi kota keempat yang memiliki gedung pencakar langit terbanyak di dunia seperti dikutip dari Council on Tall Building and Urban Habitat atau CTBUH. Setiap gedung difungsikan untuk berbagai kepentingan, seperti area perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan, apartemen, dan sebagainya. Coba tunjuk, gedung kantormu ada di sebelah mana?

Via: pinterest.com

Jakarta Ulang Tahun: Taman di Penjuru Kota

Sering menonton film dengan set lokasi di luar negeri dan artis utamanya menghabiskan waktu di taman? Jakarta juga tidak ingin kalah memiliki taman yang menyejukkan dan bermanfaat untuk menunjang aktifitas warga. Taman-taman di Jakarta tidak kalah indah dan asri dengan yang ada di luar negeri, serta tidak sedikit yang kini menjadi ikon Jakarta. Salah satu taman yang cukup mencuri perhatian adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo di Jakarta Utara yang dulunya adalah lokasi prostitusi selama puluhan tahun.

Via: wartakota.tribunnews.com

Tidak hanya RPTRA Kalijodo, Jakarta juga memiliki taman terkenal lainnya, seperti Taman Suropati yang berada di Jakarta Pusat atau Taman Hutan Tebet yang berlokasi tidak jauh dari Jakarta Timur. Taman-taman di Jakarta kini sudah mendapat perhatian lebih dari pemerintah dan dilengkapi berbagai fasilitas serta dijaga keasriannya. Sekarang tidak ada lagi alasan atau malas untuk tidak main ke taman yang ada di Jakarta, gak kalah nyaman dan keren seperti yang ada di luar negeri. Gak sedikit lho, taman-taman di Jakarta sangat instagram-able dan bisa menambah jumlah posting foto di sosmed kamu.

Selamat ulang tahun ke 490, Jakarta. Yourbanize dan teman-teman berharap kota Jakarta tidak hanya dicintai warga setempat, tapi juga seluruh Indonesia mencintai kota ini dan menjadi inspirasi pembangunan nasional!

Sumber: wikipedia.com, okezone.com

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons