Perut Begah Saat Terlalu Banyak Mencicipi Hidangan Lebaran? Ini Dia Cara Mudah Mengatasinya

June 26, 2017
446 Views

Begah saat lebaran – Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Lebaran memang identik dengan beragam hidangan yang lezat dan menggiurkan. Makanan seperti opor, rendang, ketupat, dan beragam kue kering pastinya menanti untuk dicicipi.

Namun, terkadang kita seakan lupa diri dan ingin menghabiskan seluruh makanan dan minuman yang disajikan. Akhirnya, kita malah merasa begah, kekenyangan, serta sakit perut lainnya.

Biar kamu nggak begah dan kekenyangan lagi, Yourbanzie udah siapin kiat-kiat mudah untuk mengatasinya. Ini dia:

 

Beri jeda untuk mencicipi makanan

Via: www.skinnyanddebtfree.com

Saat lebaran nggak hanya dirumah kamuaja yang memiliki santapan lezat, tapi rumah tetangga atau kerabat pun dihiasi dengan makanan lezat. Saat sedang bertamu, kamu sering kalap dan terus-menerus makan tanpa henti sebelum merasa sangat kenyang. Padahal hal inilah yang menyebabkan perut menjadi begah dikarenakan pola makan yang salah. Maka dari itu, berilah jeda dua jam sebelum kamu ingin makan makanan yang lain. Oia, disarankan juga untuk menghindari makan setelah pukul 18:00.

 

Makanlah secara pelan-pelan

Via: www.diet.allwomenstalk.com

Hayo siapa disini yang kalo udah ketemu opor dan ketupat bisa nambah hingga berkali-kali? Nah, biar nggak begah, kunyahlah makanan secara perlahan saja. Kamu masih ingat dong dengan aturan untuk mengunyah makanan selama 32 kali? Ya walaupun faktanya kamu nggak perlu repot-repot ngitungin sampe sebanyak itu, tapi kunyalah makanan pelan-pelan. Hal ini dilakukan agar tubuh bisa lebih mudah mencerna makanan tersebut.

 

Olahraga secara teratur

Via: www.rd.com

Ngaku deh saat lebaran pasti kamu makan lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, cobalah berolahraga lebih giat dari biasanya. Kamu bisa melakukan yoga atau olah pernafasan, bisa juga ikut pilates untuk lebih menenangkan tubuh. Kamu juga bisa mengikuti kelas yang menyenangkan seperti Zumba agar kalori yang terbuang lebih banyak. Tapi, jika kamu masih merasakan perut kembung, jangan olahraga yang terlalu berat ya.

 

Hindari Minuman Bersoda

Via: www.menshealth.com

Saat lebaran, makanan lebaran pasti disajikan dengan beragam minuman bersoda. Ada baiknya, kamu pilih air putih saja atau teh herbal. Sebenarnya, soda adalah musuh bagi perut disaat lebaran ini. Air putih membantu kamu untuk bisa lebih mudah buang air kecil dan besar.

 

Pergi Sauna

Via: www.almostheaven.com

Setelah seharian penuh mengkonsumsi makanan yang tak terhitung jumlahnya, cara mudah lainnya adalah kamu bisa pergi ke sauna. Di tempat sauna, kamu bisa mengeluarkan keringat dan racun dalam tubuh. Pergi ke sauna juga bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih enak dan rileks.

 

Nah, itu dia cara mudah agar perut kamu tidak begah saat lebaran. “Berhentilah makan sebelum kenyang,” memang ungkapan yang dianjurkan nih di saat lebaran. Lagi pula, kita tidak boleh makan dengan porsi terlalu berlebihan. Don’t forget to keep a healthy eating habit ya guys!

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons