Agar Tidak Kekenyangan Saat Buka Puasa, Ikuti Cara Makan Berikut Ini

June 11, 2017
352 Views

Tidak kekenyangan saat buka puasa. Tidak terasa ya, puasa sudah berjalan lebih dari 15 hari. Tubuh mulai menyesuaikan diri dengan perubahan jam makan sehari-hari. Setelah seharian menahan lapar dan haus, tibalah waktunya untuk berbuka puasa. Melihat banyaknya pilihan makanan yang tersaji di atas meja bikin kita ingin mencicipi semua hidangan. Eits, terlalu banyak makanan yang masuk secara tiba-tiba gak baik lho. Perut kita tidak terisi oleh makanan atau minuman selama lebih dari 12 jam. Jika kita langsung makan dalam jumlah banyak atau kandungan gizi yang komplek bisa menimbulkan kekenyangan, bahkan gak menutup kemungkinan mengganggu sistem pencernaan tubuh. Gak mau, kan sampai hal itu terjadi?¬†Yourbanize¬†punya caranya supaya kita tidak mudah kekenyangan saat berbuka puasa hanya karena “lapar mata” melihat banyak makanan.

Tidak Kekenyangan Saat Buka Puasa: Minum Air Putih Biasa

Via: wisegeekhealth.com

Setelah berpuasa, kita memang dianjurkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis. Sebelum mengkonsumsi makanan atau minuman manis, dahului dengan minum segelas air putih biasa untuk menggantikan cairan yang hilang setelah seharian berpuasa. Minumlah secara perlahan, tidak perlu tergesa-gesa agar tidak tersedak.

Tidak Kekenyangan Saat Buka Puasa: Makan Kurma

Via: istana-herbal.com

Pasti sudah tidak asing lagi dengan buah khas Timur Tengah ini. Kurma bagus dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat menaikkan kadar gula darah dengan kandungan gizinya seperti karbohidrat, fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Cocok dimakan agar kita tidak kembali lemas setelah berbuka.

Tidak Kekenyangan Saat Buka Puasa: Ambil Takjil dalam Jumlah Sedikit

Via: goodindonesianfood.com

Dengan banyaknya takjil atau makanan kecil yang tersaji bikin kita ingin mencicipi semuanya. Tidak perlu menjadi rakus dengan mencicipi semua makanan. Pilih saja dua atau tiga buah takjil yang sekiranya tidak terlalu berat untuk dimakan.

Tidak Kekenyangan Saat Buka Puasa: Jangan Langsung Makan Makanan Berat

Via: hallosehat.com

Seharian menahan lapar, rasanya ingin segera mengisi perut yang terus bersuara dengan makanan berat. Ups, sebaiknya ditahan dulu ya. Kalau tadi sudah makan aneka takjil, ada baiknya istirahatkan pencernaan kita selama satu jam agar memberi kesempatan pada tubuh untuk mengolah makanan yang telah masuk sebelumnya.

Tidak Kekenyangan Saat Buka Puasa: Membagi Waktu Makan

Via: surakoreancuisine.com

Kalau sudah terlanjur makan makanan berat, lebih baik ambil dalam porsi sedikit untuk menghindari kekenyangan. Setelah itu, beri jeda sekitar satu sampai dua jam, lalu lanjutkan makan kembali. Membagi waktu makan seperti ini menghindari reaksi tubuh yang “kaget” dan mengganggu aktifitas seperti kekenyangan, pusing, dan sebagainya.

Bulan puasa bukan alasan tidak menjaga pola makan dengan benar. Dengan puasa, kita memberikan kesempatan bagi pencernaan untuk beristirahat sejenak dari aktifitas mencerna makanan selama beberapa waktu. Sebaliknya, puasa menjadikan tubuh lebih sehat dan secara tidak langsung kita menginvestasikan waktu untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai karena makanan mengganggu aktifitas dan ibadah di bulan suci ini, ya. Selamat puasa!

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons