Yuk, Jalan-jalan Ke Purwakarta! Ini Tempat yang Wajib Dikunjungi

May 9, 2017
1281 Views

Purwakarta adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat dengan luas wilayah 971, 72 KM2. Secara geografis, Purwakarta menjadi titik temu strategis dari tiga jalur lalu lintas utama, yaitu Purwakarta-Jakarta, Purwakarta-Bandung, dan Purwakarta-Cirebon. Saat ini, Kabupaten Purwakarta sedang gencar mengembangkan berbagai destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan kota-kota lain di Jawa Barat dan wajib dikunjungi saat melintasi wilayah ini. Mau tahu tempat-tempat apa saja yang wajib dikunjungi saat di Purwakarta, Yourbanize punya rekomendasinya yang dijamin bakal keren banget dan sayang untuk dilewatkan seperti dikutip dari purwakartakab.go.id.

Museum Diorama (Bale Panyawangan Diorama)

Via: otonomi.co.id

Siapa bilang wisata ke museum itu membosankan? Sekarang buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Museum yang terletak di jantung ibu kota Purwakarta, kurang lebih 500 meter dari kantor bupati, ini punya gayanya sendiri dalam memberikan informasi dengan balutan pendidikan dan teknologi. Narasi-narasi sejarah yang ada di Museum ini dibangun secara interaktif melalui media digital sehingga membuat pengunjung seakan-akan ikut terbawa dalam suatu periode sejarah yang sedang diceritakan.

Beberapa spot disiapkan layanan virtual reality yang membuat pengunjung seolah-olah berada dalam situasi sesungguhnya. Terdapat 9 bagian yang terdapat dalam museum ini, masing-masing bagian menampilkan sejarah pergerakan di Indonesia, sejarah Tanah Sunda, seputar Purwarkarta, hingga pidato dari Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno hingga Presiden Joko Widodo. Museum ini beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-13.00 serta tidak dipungut biaya alias gratis.

Via: www.purwakartakab.go.id

Taman Sri Baduga (Situ Buleud)

Via: purwakartakab.go.id

Taman ini sudah cukup lama menjadi buah bibir karena memiliki air mancur menari seperti yang ada di Singapura, bahkan sebelum diresmikan oleh pemerintah setempat. Katanya, tempat ini akan segera mendunia dan dijadikan salah satu destinasi utama Purwakarta lho.

Air mancur menari ini tidak hanya menampilkan atraksi ini saja, tapi juga dilengkapi dengan sinar-sinar laser warna-warni yang ikut bersinar bersamaan. Yang istimewa, penggunaan sinar laser yang beraneka warna memiliki filosofi keberagaman yang ada di Indonesia. Untuk bisa menyaksikan atraksi ini, pengunjung tidak dipungut biaya. Taman Sri Baduga berlokasi di antara Jln. Siliwangi dan Jln. K.K. Singawinata. Waktu atraksi air mancur menari diadakan setiap hari Sabtu pukul 19.30-22.30, sedangkan tamannya sendiri terbuka untuk umum setiap hari.

 

Waduk Jatiluhur

Via: purwakartakab.go.id

Waduk ini sendiri sudah terkenal sejak lama di Indonesia. Maklum saja, waduk ini dibandung pada tahun 1957 dan dikenal sebagai salah satu pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Untuk bisa ke sana, harus menempuh jarak 9 KM dari pusat kota Purwakarta. Jauhnya perjalanan tidak akan sia-sia karena pemandangan di sana benar-benar menyegarkan mata. Luasnya waduk yang penuh dengan air serta perbukitan dan pepohonan yang rindang di sekitarnya.

Kebanyakan masyarakat yang berkunjung ke sini tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memancing ikan-ikan yang banyak terdapat di situ karena memang dibudidayakan. Setelah memancing, ikan hasil tangkapan bisa langsung dimasak dan dimakan bersama dengan rombongan. Tidak hanya itu, di Waduk Jatiluhur juga tersedia beberapa fasilitas lain, seperti rumah makan, penginapan, kolam renang, bungalow, tempat bermain anak, arena olahraga air, dan lain sebagainya. Yang perlu diingat, jangan membuang sampah ke waduk dan lingkungan sekitar agar tempat tersebut selalu bersih dan tidak mengganggu aktifitas.

 

Situ Wanayasa

Via: purwakartakab.go.id

Situ atau danau ini berada di kecamatan Wanayasa, sekitar 23 KM dari utara pusat kota. Situ ini memiliki luas tujuh hektar dan terbentuk secara alami dengan mata air langsung dari Gunung Burangrang. Di tengah situ terdapat daratan menyerupai pulau yang dapat dijelajahi oleh pengunjung. Dahulu kala terdapat 4 dataran didalam situ Wanayasa,  namun kini tersisa hanya satu bukit bernama Penclut Pasir Mantri. Ditengah-tengah bukit Pasir Mantri ini terdapat sebuah makam dan petilasan dari RA. Suriawinata yang merupakan salah seorang pendiri kota Purwakarta dan menjadi Bupati Karawang ke-9 yang telah wafat pada tahun 1827.

Pemandangan yang asri dan udara sejuk sangat memanjakan para wisatawan. Jika ingin beristirahat sejenak, bisa melanjutkan perjalanan ke salah satu resort yang ada di sana, yaitu Resort Giri Tirta Kahuripan. Di resort tersebut, pengunjung bisa menikmati fasilitas yang disedikana seperti wahana sepeda air, ATV, Lapangan futsal Outdoor,seluncur air, Sky Pool, Mini Zoo dan Agrowisata.

 

Stasiun Kopi Purwakarta

Via: purwakartakab.go.id

Kedai kopi ini termasuk salah satu tempat nongkrong yang popular di kalangan anak muda Purwakarta. Tempatnya nyaman dan cocok dipakai sebagai tempat berkumpul bersama teman dan keluarga. Lokasinya pun cukup strategis, berada di Jalan K. K Singawinata no. 15, dekat dengan Museum Diorama dan Stasiun Purwakarta. Ada yang berbeda dengan kafe ini, yaitu mangkuk-mangkuk kecil di setiap meja yang berisi kopi dan dimanfaatkan sebagai perngharum ruangan alami. Untuk menunya sendiri terdiri atas minuman dan makanan kecil serta main course.

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons