Lakukan Cara Berikut Supaya Kemampuan Bahasa Inggris-mu Semakin Lancar

April 15, 2017
615 Views

Di era globalisasi sekarang ini, informasi lintas negara bukan lagi jadi sesuatu yang aneh. Sebagai jembatan antardunia, penggunaan bahasa Inggris di masa kini seolah sudah menjadi keharusan bagi siapapun. Bagi orang-orang yang tinggal di negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu atau lama bermukim di lingkungan yang sehari-hari menggunakan bahasa ini, mungkin bukan hal sulit untuk berkomunikasi dengan orang asing. Namun, bagaimana dengan kita yang bisa dibilang jarang memakai bahasa Inggris secara aktif? Kursus bahasa dirasa bukan jadi pilihan utama memperlancar kemampuan bahasa Inggris dengan berbagai alasan. Daripada bingung, Yourbanize punya cara asyik yang bisa bantu kamu supaya bisa secara aktif berbicara dalam bahasa Inggris.

Tidak malu akan kemampuan berbahasa

Via: www.englishuk.com

Kalau memang kemampuan berbahasa asing belum mahir, jangan malu untuk mengakui. Justru dengan mengakui diiringi niat untuk belajar, kamu menerima kekurangan pada dirimu dan tahu langkah apa yang harus diambil. Daripada terlihat sok bisa padahal kemampuan kita belum sampai situ, lebih baik akui jika kita masih dalam tahap belajar.

 

Bernyanyi lagu berbahasa Inggris

Via: www.facebook.com

Cara ini dirasa cukup mudah dan bisa dilakukan kapanpun serta dimanapun. Untuk langkah awal, pilih lagu-lagu pop karena temponya relative tidak terlalu cepat. Sebelum mencari liriknya, dengarkan dulu lagunya dan perhatikan kata-kata yang keluar. Coba nyanyikan apa yang kamu dengar dari lagu tersebut setelah beberapa kali mendengar, baru cari lirik lagunya. Cara ini dapat melatih pendengaranmu agar terbiasa dengan bahasa Inggris. Oh ya, dengarkan beragam lagu dan genre musik agar semakin terbiasa.

Datang ke tempat-tempat yang banyak dikunjungi turis asing

Via: blog.gaijinpot.com

Jika sulit menemukan teman untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris secara aktif, berbicara dengan turis asing secara langsung haruslah dipilih. Kita kerap menjumpai mereka di tempat-tempat wisata, bandara, atau saat pameran pendidikan luar negeri berlangsung. Meski kemampuan kita belum seberapa, beranikan diri untuk berlatih secara langsung. Tidak masalah jika tata bahasa atau grammar berantakan, yang penting kata-kata kita cukup terdengar dengan baik dan dimengerti oleh lawan bicara.

 

Bikin video pribadi dengan menggunakan bahasa Inggris

Via: www.actinginlondon.co.uk

Tren vlog yang menjamur kini bisa kamu manfaatkan untuk belajar berbahasa Inggris aktif. Buatlah video pribadi dengan menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya. Don’t care about grammar, just practice as much as you can. Konten video disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Jika merasa cukup percaya diri, gak ada salahnya lho untuk meng-upload di YouTube.

 

Rajin mendengarkan percakapan berbahasa Inggris

Via: www.radioiloveit.com

Setelah belajar dari lagu, kini kita berpindah dengan mendengarkan percakapan berbahasa Inggris dalam situasi formal ataupun informal. Hal ini agar pendengaranmu terbiasa dengan percakapan sehari-hari dalam bahasa asing. Kamu bisa memulainya dengan potongan video berita dari stasiun TV luar negeri seperti BBC atau CNN, bisa juga dengan mendengarkan pidato orang-orang penting.

Terlepas dari cara apapun yang dipakai, agar kamu menjadi mahir berbahasa Inggris atau asing lainnya adalah dengan belajar terus menerus di sela-sela aktifitas sehari-hari. Meskipun kamu belum merasa memerlukannya sekarang, tapi jadikan belajar bahasa asing sebagai investasi masa depan untuk berhadapan dengan zaman yang semakin maju ini.

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons