Arti Cantik Menurut Masyarakat Suku Suri Ethiopia

March 25, 2017
761 Views

Masyarakat sering mengkonstruksi wanita cantik dengan kulitnya yang putih, rambutnya yang panjang dan hitam, badannya yang ideal, tingginya yang semampai, serta hal-hal semacamnya.  Namun ada masyarakat di kawasan Omo Valley, sekitar 438 km dari ibukota Ethiopia, Adis Ababa, yang memiliki arti kecantikan yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Hal ini cukup unik dan menurut Yourbanize dan kamu harus mengetahuinya!

Suku Suri

Salah satu suku di Ethiopia yang masih menyimpan tradisi lama adalah suku Suri. Wanita suku Suri melakukan pengorbanan yang cukup hebat dengan melebarkan mulut mereka agar bisa dimasuki benda sejenis nampan atau piring. Karena semakin lebar ‘piring’ yang bisa masuk ke bibir mereka, maka artinya ia akan semakin cantik dan dianggap sudah dewasa.

Tradisi ini sudah dilakukan sejak zaman dulu bagi wanita suku Suri. Saat gadis-gadis mengalami pubertas dan berada di usia 15-17 tahun, dua gigi bawah mereka akan diambil. Kemudian sebuah kepingan mirip piring dimasukkan ke dalam bibir bagian bawah. Ukuran itu akan terus bertambah seiring bertambangnya usia mereka.

Via: www.brillio.net

 

Walau aneh, namun demikianlah simbol kecantikan wanita suku Suri. Adanya piring di bibir ini telah menjadi simbol kecantikan bagi Suku Suri sejak ratusan tahun lalu. Piring sekaligus menjadi simbol kedewasaan wanita dan berarti sudah siap untuk dinikahkan. Semakin besar piringnya, semakin besar pula mas kawin yang harus diberikan dari pihak pria.

Katanya sih, hingga sekarang tradisi ini masih terus dilakukan. Namun para gadis di suku Suri banyak yang menolak. Mereka menganggap mencabut gigi dan memakai kepingan sepanjang waktu adalah salah satu bentuk kekerasan. Beberapa dari mereka makin tidak ingin melakukan tradisi ini karena dianggap bisa menyebabkan sisi traumatis pada tubuh mereka. Menarik ya!

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons