Ragam Minuman Tradisional Khas Indonesia yang Menghangatkan Tubuh

March 17, 2017
474 Views

Cuaca saat ini memang tidak menentu. Kadang panas terik lalu tiba-tiba hujan deras di sore harinya, membuat kondisi tubuh juga tidak menentu. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi tubuh untuk bisa beradaptasi dengan perubahan cuaca sekaligus suhunya. Kitapun harus pintar-pintar memilih asupan yang masuk ke dalam tubuh kita yang tidak hanya sekadar enak di lidah, namun juga menyehatkan bagi tubuh. Jika kita dapat memilih makanan dan minuman yang tepat bagi tubuh, bukan hanya sehat saja yang didapat. Selain itu, tubuh akan lebih segar dan terbantu untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan kondisi di luar. Yourbanize bakal kasih info minuman apa saja yang paling cocok disantap saat cuaca dingin ataupun sekadar memanjakan lidah. Semuanya asli khas Indonesia. Yuk simak info lengkapnya!

 

Bir Pletok

Via: www.pegipegi.com

Apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika mendengar kata bir? Minuman berbahan anggur yang difermentasikan dan beberapa diantaranya mengandung kadar alhokol. Hal ini tidak ditemukan dalam bir pletok. Minuman asli tanah Betawi ini dibuat dari berbagai macam rempah yang direbus bersama. Dahulu, masyarakat Betawi sering melihat para orang Belanda berpesta dan mengeluarkan berbotol-botol wine. Mereka pun ingin juga menikmati bir, namun tidak dilakukan karena kandungan alkohol di dalam wine. Lalu, masyarakat Betawi membuat semacam minuman “imitasi”nya yang memiliki warna mendekati wine dengan versi tanpa alkohol. Lalu, pemilihan nama bir pletok terinspirasi dari saat penyumbat botol berbahan kayu dicopot dari botol wine terdengar bunyi “plop” atau “pletok”.

Bir pletok dibuat dari berbagai macam campuran rempah-rempah. Jahe dan serai dapat memberikan efek hangat bagi tubuh. Terdapat daun pandan yang menambah aroma pada bir. Mengingat warna wine agak kemerahan perpaduan bir dan anggur, bir pletok menggunakan kayu secang untuk mendapatkan warna tersebut. Setelahnya dilengkapi dengan cengkih, kayu manis, kapulaga, dan pala yang dimasak bersama. Bir pletok paling nikmat disajikan saat malam hari atau cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh. Untuk memberikan rasa segar, bisa ditambahkan es batu bagi penyuka minuman dingin.

 

Bandrek

Via: www.viewhealty.ga

Minuman ini begitu terkenal di tanah Sunda. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan lain sebagainya.

Mengingat bandrek dibuat dari berbagai rempah, minuman ini menjadi sesuatu yang bernilai tinggi, terlebih pada zaman dahulu rempah-rempah adalah komoditi yang paling banyak dicari orang-orang Eropa. Seiring berkembangnya zaman, kini sudah banyak inovasi yang dihadirkan dalam minuman bandrek, baik dari segi rasa maupun olahan instannya.

 

Bajigur

Via: www.pleisbilongtumi.wordress.com

“Teman dekat” bandrek ini sama-sama berasal dari tanah Sunda. Bahan utama dari minuman ini adalah gula aren dan santan kelapa. Bajigur paling nikmat ditemani dengan ubi rebus, kacang rebus, dan lain sebagainya. Minuman ini paling enak deh dinikmati saat cuaca dingin apalagi saat hujan ataupun malah hari. Untuk menambah cita rasa, bajigur kerap kali ditambahkan dengan jahe, garam, dan bubuk vanili. Pada masa kini, sudah banyak pelaku industri membuat bandrek instan yang bisa dinikmati dengan langsung menyeduhnya.

 

Source:

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150622154243-262-61620/sejarah-bir-pletok-betawi-tiruan-anggur-barat-tanpa-alkohol/

 

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons