Say It! Berbicara Secara Langsung itu Lebih Baik

March 15, 2017
269 Views

Siapa sih yang gak mau punya pasangan yang setiap saat selalu memberikan perhatian dan tahu apa yang kita inginkan tanpa perlu dikatakan secara langsung? Dalam kehidupan asmara, wajar jika kita ingin pasangan melakukan hal demikian, tapi tidak semua yang punya pikiran seperti itu.

Sudah berkali-kali bermain “kode” ke si dia dan berharap dia akan sadar dengan sendirinya apa yang kita ingin, tapi responnya malah tidak sesuai harapan. Salah mengeluarkan kata, yang ada malah berakhir dengan pertengkaran. Daripada makan hati sendiri dan bisa memicu konflik karena dia tidak peka, lebih baik disampaikan saja secara langsung. Di bawah ini Yourbanize bakal kasih alasan kenapa mengatakan secara langsung keinginan kita itu lebih baik.

Anti salah paham

source: indianaexpress.com

Masalah “pasangan tidak peka” memang sering kita temui. Pada dasarnya, hal ini terjadi karena pasangan kurang memahami apa yang menjadi keinginan kita sesungguhnya. Kita pasti ingin si dia tahu dengan sendirinya tanpa perlu disampaikan langsung. Saat si dia memberikan kita C padahal yang diinginkan adalah A, maka terjadi penyampaian informasi yang tidak tepat. Katakan saja sejujurnya apa yang kita mau supaya mencegah pertengkaran dengan pasangan. Dengan begini, masing-masing pihak akan lebih paham apa yang diinginkan satu sama lain.

Bikin hati lega

source: readhsh101.com

Saat kita memberikan “pertanda-pertanda” pada pasangan, timbul pertanyaan di dalam hati apakah dia bakal sadar atau tidak. Pertanyaan-pertanyaan yang timbul akan terus membayangi setiap hari yang bisa saja mengganggu saat beraktifitas. Bahkan, bukan gak mungkin kalau kita bakal berpikir negatif pada si dia. jika kita memberanikan diri untuk menyampaikan isi hati, hal itu bakal memperjelas semua pertanyaan yang banyak muncul dalam hati dan pikiran. Terlalu banyak kode hanya buat capek hati sendiri.

Membangun kepercayaan pada pasangan

source: hdwallpapersrocks.com

Saat kita berani menyampaikan keinginan kita yang sebenarnya, secara tidak langsung ada rasa kepercayaan yang ingin dibangun bersama pasangan karena adanya keinginan untuk dihargai oleh orang yang kita sayangi. Saat kita berani berbagi, ada sisi lain dari diri sendiri yang ingin diperhatikan sesuai dengan apa yang dimau.

This is the real “me”

source: dramabeans.com

Ada kalanya kita tidak berani mengutarakan keinginan secara langsung demi menutupi jati diri yang sesungguhnya supaya terlihat sempurna di depan pasangan. Hal ini bisa membatasi diri kita dalam mengekspresikan isi hati dan pikiran. Tentu tidak nyaman, kan, terus-menerus menjadi orang lain. Tunjukkan saja diri kita yang sesungguhnya, pemikiran, dan isi hati. Terlalu lama memendam juga tidak baik untuk hubungan ke depannya.

Lebih saling mengenal diri sendiri dan pasangan

source: dramafever.com

Selama ini mungkin kita mengklaim sudah mengenal si dia dalam banyak hal, entah dengan cara apa mencari tahu hal tersebut. Belum tentu apa yang sudah dia tunjukkan selama ini baik di hadapan kita maupun orang-orang terdekatnya adalah dirinya yang sebenarnya. Perhatikan bagaimana cara dia merespon pendapat kita dan di saat seperti itu, kita akan tahu sikap dan sifat sebenarnya.

 

Penulis: Annisa Balqis Widyaningtyas

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons