Memanfaatkan Waktu “Nganggur”mu Sebelum Masuk ke Dunia Kerja

March 14, 2017
308 Views

Setelah lulus kuliah, pasti sudah banyak rencana-rencana yang ingin dilakukan untuk kehidupan pascawisuda, salah satunya adalah bekerja. Setelah bersusah payah menimba ilmu selama 4-6 tahun di bangku kuliah, mendapatkan pekerjaan yang baik di suatu perusahaan seperti capaian tertinggi dalam hidup. Namun, persaingan kerja yang begitu ketat di masa sekarang ini menuntut kita harus banyak berusaha dan bersabar untuk mendapatkan pekerjaan idaman. Semuanya memerlukan waktu yang bervariasi untuk bisa terwujud. Supaya tidak dilanda galau dan bingung di masa “pengangguran”, Yourbanize bakal kasih kiat-kiat yang bisa kamu lakukan selagi menunggu panggilan pekerjaan datang.

Terus Melamar Kerja, Lipatgandakan Ibadah

Via: www.christiantoday.com

Cara untuk bisa mendapatkan pekerjaan tentunya dengan melamar ke berbagai perusahaan yang mensyaratkan calon pelamar memenuhi atau paling tidak mendekati job requirement yang diminta. Jangan menutup diri untuk membatasi bidang pekerjaan yang ingin dilamar ataupun latar perusahaan itu sendiri. Asalkan pekerjaan tersebut memiliki kriteria yang masih bisa kita penuhi dan perusahaan yang membuka lowongan memiliki reputasi yang jelas, jangan sungkan untuk meng-apply pekerjaan tersebut. Sekeras apapun usaha kita, tidak akan lengkap tanpa berdoa pada Sang Pencipta agar segala usaha kita dapat berbuah baik di waktu yang tepat. Dekatkan diri dengan-Nya, perbanyak doa, dan kebaikan-kebaikan lainnya.

Liburan ke Kampung Halaman atau Keliling Kota

Via: www.toucanholidays.com

Rasa jenuh dan stress yang datang memang tidak bisa ditolak. Lupakan sejenak dan pergilah liburan untuk sementara waktu. Tidak perlu yang mahal, mewah, ataupun ke tempat wisata yang mengeluarkan uang banyak jika kamu memang belum mampu memenuhinya. Cukup dengan pergi dan tinggal di kampung halaman orang tua bersama kerabat yang masih tinggal di sana. Habiskan waktu bersama mereka sebaik mungkin dan lakukan kegiatan-kegiatan bersama selama berada di sana. Jika tidak memungkinkan pulang kampung, kamu bisa berkeliling ke tempat-tempat wisata yang murah meriah di kota tempat kamu tinggal dan naik transportasi umum. Langsung buka Google untuk cari tahu destinasi murah meriah di kotamu!

Belajar Bahasa Asing

Via: www.elearningindustry.com

Di jaman perdagangan bebas seperti sekarang, bukan hal aneh jika kemampuan bahasa asing—minimal bahasa Inggris—menjadi kebutuhan dalam lingkungan pekerjaan maupun sosial. Manfaatkan gadget yang kamu punya untuk belajar bahasa asing yang ingin kamu kuasai, mulai dari aplikasi, video, kuliah tweet (kultwit), dan lainnya. Tetap bisa belajar tanpa perlu ke tempat kursus, kan?

Mencari Pekerjaan Freelance

Via: www.thebigmusicproject.co.uk

Kini, sudah banyak orang yang memiliki pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun menyalurkan hobi di waktu luang. Manfaatkan keterampilan yang kamu miliki untuk menghasilkan karya yang bisa dinikmati banyak orang. Tidak sedikit suatu lembaga membutuhkan tenaga freelance untuk keperluan mereka dan hasilnya pun sepadan serta jam kerja yang fleksibel, mulai dari perusahaan besar hingga start up. Tidak menutup kemungkinan lho, kalau pekerjaan freelance bisa menjadi pekerjaan utama tanpa harus pergi ke kantor.

Melakukan Hobi Lama yang Ditinggalkan

Via: www.citytaxy.szczecin.pl

Kesibukan saat kuliah yang menyita waktu kadang membuat kita melupakan hobi kesayangan yang dulu sering dilakukan di waktu luang. Bongkar lagi hobi lamamu dan manfaatkan waktumu bersama si “cinta lama”mu kembali. Siapa tahu dari hobi yang sempat terlupakan kamu akan menemukan ide-ide cemerlang yang bisa membuat kamu sibuk dan akhirnya menguntungkan.

Tetap Keep in Touch dengan Teman

Via: knigge.ru

Mendengar beberapa teman yang sudah bekerja tidak jarang membuat kita merasa minder dan malas saling bertukar kabar dengan teman, ujung-ujungnya lebih memilih “menghilang” dari pergaulan. Kenyataan memang pahit, tapi kalau memang keadaanmu belum bekerja tidak perlu ditutupi dan minder. Dengan tetap saling berhubungan dengan teman bisa jadi obat penghilang rindu dengan masa-masa di sekolah atau kampus. Selain itu, kita jadi tahu kabar terbaru teman kita saat ini dan mempermudah komunikasi jika kita ataupun dia terjadi sesuatu. Bisa saja, teman kita menawarkan pekerjaan dan jalanmu terbuka berkat dia.

Berada di masa “pengangguran” memang membuat perasaan campur aduk. Nikmati saja waktu santaimu selagi bisa sebelum sibuk di pekerjaan suatu saat nanti. Asalkan tekun dan sigap mencari kesempatan,  kita pun tetap bisa produktif dimanapun dan kapanpun.

 

Penulis: Annisa Balqis Widyaningtyas

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons