5 Cara Mudah Untuk Menabung Bagi Mahasiswa

March 18, 2017
439 Views

Menjadi mahasiswa terkadang membuat mimpi liburan dan belanja kita kandas. Terkadang, ada aja hal yang membuat kita harus ngeluarin uang. Banyak mahasiswa yang bilang kalau menabung itu susah. Padahal, menabung nggak sesulit itu kok. Kali ini Yourbanize bakal kasih 7 cara jitu untuk kalian mahasiswa yang mau nabung tapi selalu gagal terus. Apa aja ya caranya?

 

Tulis Pengeluaran Harian

Via: www.iknowtoday.com

Kadang kamu suka bingung kemana uang jajan kamu pergi? Belum akhir bulan tapi uang jajan udah hilang? Hmm… Yourbanize saranin untuk kamu tulis nih pendapatan uang jajan kamu atau hasil dari kerja sampingan kamu di notebook tiap bulannya. Ngga cuma pendapatan aja tapi pengeluaran juga. Jadi, tiap harinya kamu catat deh pengeluaran kamu hari itu apa aja. Hal ini bisa meminimalisir pengeluaran kamu besok harinya. Catatlah sesuai kategori barangnya seperti kebutuhan kuliah, jajan, atau belanjaan kamu.

 

Buat Rencana Pengeluaran

Via: www.thebalance.com

Nah, setelah kamu tulis pengeluaran selama sebulan, kamu jadi tahu nih kemana aja uang jajan kamu pergi dalam sebulan. Setelah itu kamu bisa bikin nih rencana pengeluaran uang kamu untuk bulan kedepannya. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari pemborosan yang berlebih. Kamu bisa kurangin belanjaan di bulan berikutnya yang menurut kamu ngga banget. Jadi, uang tabungan bisa lebih banyak deh.

 

Manfaatin Fasilitas Kampus

Via: www.shutterstock.com

Sebagai mahasiswa pasti kita sering banget diajak untuk nongkrong di café atau mungkin kita pengen kerjain tugas di café terdekat. Nah Yourbanize saranin buat kamu yang mau nabung, untuk manfaatin segala fasilitas kampus. Cari spot di kampus kamu yang asyik untuk ngerjain tugas, selain gratis, uangnya bisa kamu tabung untuk keperluan lain. Walaupun susah dan banyak godaan tapi kalau ini bisa dilakuin lumayan lho untuk nambahin tabungan kalian.

 

Sesuaikan Gaya Hidup dengan Budget Kamu

Via: www.myfabfinance.com

Ini nih penting banget nih untuk kelangsungan hidup kamu sebagai mahasiswa. Sesuaikan uang jajan kamu dengan gaya hidup. Kalau memang kamu tidak bisa beli barang yang kamu inginkan, sebaiknya tahan dan jangan paksakan keinginan kamu, ya. Yourbanize yakin kamu bakal berterima kasih ke diri sendiri karena udah bergaya sesuai dengan budgetmu.

 

Cek Kemajuan Tiap Bulan

Via: www.socialistappeal.org

Well, setelah kamu nulis pengeluaran selama satu semester. Kamu bakal lihat nih seberapa banyak pengeluaran dan uang yang bisa kamu tabung. Dengan cara ini kamu juga bisa tau apa aja sih yang jadi sumber utama kamu boros. Apa kamu banyak beli barang-barang yang sebenernya ngga kamu perluin atau kamu terlalu sering jalan-jalan?

 

Menabung emang butuh keteguhan hati ya guys. Tapi cara simpel ini bisa banget bantu kamu yang mau menabung lebih banyak tiap bulannya untuk bisa raih keinginan agar lebih cepat. Happy trying!

Facebook Comments

Subscribe Us!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Show Buttons
Hide Buttons